KELURAHAN PURWOKINANTI LAKSANAKAN GELAR TRADISI RUWAHAN DAN GEBYAR UMKM

Purwokinanti-Berlian. Kelurahan Purwokinanti bersama warga masyarakat setempat melaksanakan Acara Gelar Tradisi Ruwahan dan Gebyar UMKM. Pada Sabtu 18 Maret 2023 bertempat di Jalan Jagalan, dalam kesempatan tersebut di buat juga dua buah Gunungan yaitu Gunungan ketan kolak apem dan Gunungan produk - produk dari UMKM Purwokinanti.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Pakualaman, Forkompimka Kemantren Pakualaman serta Lurah Purwokinanti. Acara Gelar Tradisi Ruwahan dan Gebyar UMKM  kali ini di awali dengan berbagai lomba, lomba menyanyi tembang dolanan anak, lomba tari kreasi dan lomba fashion show daur ulang sampah. Dan juga menggelar basar produk – produk UMKM Purwokinanti berupa produk olahan makanan, kuliner maupun kerajinan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Pengajian songsong Ramadhan oleh Kepala KUA Kemantren Pakualaman Yasin Musthofa. Dilanjutkan dengan doa bersama dan ngalap berkah Kyai Jogo yang di percayai warga setempat sebagai cikal bakal Kampung Jagalan.

Acara dilanjutkan dengan Kirab Gunungan Apem dan Gunungan UMKM yang mengelilingi 4 kampung di wilayah Kelurahan Purwokinanti. Gunungan ketan kolak apem berasal dari 10 RW yang di kumpulkan kemudian di buat gunungan, untuk gunungan Produk UMKM merupakan kumpulan dari produk produk UMKM Purwokinanti. Setelah di kirabkan, kedua buah gunungan tersebut di bagikan kepada warga yang berada di wilayah tersebut.