KEGIATAN KEARAH ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI KELURAHAN PURWOKINANTI

Menghadapi pandemi virus covid-19 , banyak kegiatan di  Kantor maupun di wilayah Kelurahan Purwokinanti. Upaya pencegahan Covid-19  juga dilaksanakan oleh  RW – RW di  Wilayah Kelurahan Purwokinanti yaitu dengan cara melakukan  penyemprotan disinfektan , bahkan tak hanya sekali ada juga yang diulang penyemprotannya , waktu pelaksanaan penyemprotan tersebut pada tanggal 25 Maret 2020  , 27 s/d 29 Maret 2020. Petugas penyemprotan dari Satgas  dibantu KTB dan warga setempat . Kemudian bulan berikutnya dijadwalkan di semua wilayah penyemprotan rutin dan tetap semangat walaupun saat itu sedang puasa.

Selain diadakan penyemprotan juga pemasangan brosur – brosur bantuan  dari Instansi lain , banner yang dibuat secara mandiri terkait cara mencuci tangan, penerapan PHBS, himbauan isolasi mandiri  bagi  penduduk baru datang .

Ketua RW  se Kelurahan Purwokinanti dibantu warga yang lain memasang  gentong dan wastafel  bantuan dari Gusti Putri , warga dan pelaku usaha juga ikut  menyediaan tempat cuci tangan seperti kran air , wastafel  dll.

Tempat ibadah / Masjid – masjid di wilayah Kelurahan Purwokinanti juga  melakukan protokol kesehatan , monitoring dilakukan pada hari Selasa tanggal  30 Juni 2020 dan selanjutnya diadakan evaluasi pelaksanaan sholat di Masjid  oleh Satgas.

Upaya pencegahan covid – 19 yang dilaksanakan  di Kantor dilaksanakan dengan protokol kesehatan diawali dengan pengunjung sebelum masuk Kantor cuci tangan / menggunakan hand sanitizer ,  diukur suhu badan , bagi yang membawa HP Android melakukan pindai QR Code, jaga jarak.

Dampak yang dirasakan saat Pandemi  ini adalah  penurunan finansial , sehingga bantuan sosial sebagian disalurkan melalui Kelurahan, diantaranya bantuan sosial dari Presiden yang disalurkan pada hari minggu tanggal 17 Mei 2020, bantuan sosial ( sembako , masker ) dari Gusti Putri, sembako dari Kadin DIY, sembako dari PKK Kelurahan, sembako dari Bapak Sugeng.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor adalah upaya pengenalan cara mencuci tangan yang benar kepada anak - anak , pada hari Kamis tanggal 2 Juli 2020 bertempat di Kelurahan Purwokinanti diadakan sosialisasi pandemi covid – 19 , sambil bernyanyi anak – anak  menirukan gerakan cara mencuci tangan.

Kegiatan – kegiatan tersebut diatas dilakukan agar terbiasa / berpola  kearah situasi adaptasi kebiasaan baru.